Home » » PENGARUH STRES PADA KESEGARAN MUTU IKAN

PENGARUH STRES PADA KESEGARAN MUTU IKAN

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Selasa, 02 Agustus 2016 | Selasa, Agustus 02, 2016

Layaknya manusia, sebagai mahluk hidup ikan juga mengalami stres. Stres pada ikan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kondisi ikan yang mengalami stres dapat berpengaruh pada kualitas mutu ikan itu sendiri.


Kondisi stres pada ikan dapat terjadi mulai dari pertama kali ikan diambil dari habitat hidupnya. Saat pemanenan atau penangkapan tidak bisa dihindari ikan akan mengalami stres. Perlakuan saat panen atau penangkapan yang tidak hati-hati atau tidak sesuai prosedur akan meningkatkan kondisi stres pada ikan. Selepas pemanenan atau penangkapan ikan akan mengalami stres kembali dalam perjalanan atau pengangkutan. Cara pengangkutan yang salah pun akan lebih meningkatkan kondisi stres pada ikan.

Ikan yang mengalami stres pada saat pemanenan atau penangkapan dan pengangkutan, akan mengeluarkan energi yang lebih banyak. Hal ini yang menyebabkan terjadinya kemuduran mutu pada ikan. Stres pada ikan ini akan mendorong proses rigor mortis pada ikan lebih cepat. Sehingga, ikan yang mengalami stres sebelum proses kematian akan mengalami proses pembusukan yang lebih cepat.

Dengan demikian, untuk mempertahan kan mutu kesegaran pada ikan adalah menghindari perlakuan yang dapat menyebabkan ikan menjadi stres. Lakukan penanganan secara hati-hati dan sesuai prosedur.

Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate