Home » » APA ITU KOLAM

APA ITU KOLAM

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Kamis, 03 November 2016 | Kamis, November 03, 2016



 Banyak masyarakat yang tidak biasa berkecipung dalam dunia perikanan sulit memberikan definisi kolam. Banyaknya orang menyebut kolam cukup dengan suatu genangan air tempat pelihara ikan. Padahal jika ciri pentingnya hanya genangan air dan tempat pelihara ikan, lantas apa bedanya dengan danau, waduk, atau tambak. Semua merupakan genangan air bukan?

Menurut wikipedia, Kolam adalah perairan di daratan yang lebih kecil ukurannya daripada danau. Kolam terbentuk secara alami atau dapat dibuat manusia.
Pembatasan pasti yang membedakan danau dan kolam tidak pernah tuntas. Selain ada yang memberi kriteria berdasarkan luas, ada pula yang memberi kriteria berdasarkan kemampuan tembus cahaya ke dasar terdalam atau berdasarkan kealamiannya. Semua pembedaan itu selalu memiliki perkecualian. Suatu tubuh air yang terbentuk akibat bendung, meskipun berukuran kecil, akan disebut sebagai danau. Kriteria kolam sebagai tubuh air di daratan yang luasnya terlalu kecil untuk dilayari suatu perahu juga sering dilanggar, karena ada kolam di taman yang relatif luas dan dapat dilayari perahu.
Dilihat dari sisi ekologi, kolam dapat membentuk suatu ekosistem tersendiri, yang berbeda dari danau.

Jadi, selain merupakan genangan air, kolam dapat diberikan definisi dan ciri yang cukup kompleks.
Demikian, kiranya bermanfaat.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kolam

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate