Home » » MENGENAL IKAN NILA

MENGENAL IKAN NILA

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Jumat, 04 November 2016 | Jumat, November 04, 2016

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan air tawar yang termasuk dalam famili Cichlidae, Sub-ordoPercoidea, Ordo Percomorphi, Sub-kelas Acanthoptherigii. Bentuk tubuh ikan nila panjang dan ramping, dengan sisik yang berukuran besar. Mata besar, menonjol, dan bagian tepi berwarna putih. Gurat sisi (linea literalis) terputus di bagian tengah badan kemudian berlanjut, tapi letaknya lebih ke bawah dari pada letak garis yang memanjang di atas sirip dada.

Perbandingan Panjang total dan tinggi badan tubuh ikan nila adalah 3 : 1. Selain itu, terlihat adanya pola garis-garis vertikal yang terlihat sangat jelas di sirip ekor dan sirip punggung ikan nila. Jumlah garis vertikal di sirip ekor ada enam buah dan sirip pungung ada delapan buah. Garis dengan pola yang sama (garis vertikal) juga terdapat dikedua sisi tubuh ikan nila dengan jumlah delapan buah. Ikan nila memiliki lima buah sirip yakni sirip punggung (dorsal fin), sirip dada (Pectoral fin), sirip perut (venteral fin), sirip anus (anal fin), dan sirip ekor (caudal fin). Sirip punggung memanjang, dari bagian atas tutup insang hingga pada bagian sirip ekor. Ada sepasang sirip dada dan sirip ekor yang berukuran yang lebih kecil. Sirip anus hanya ada satu buah dan berbentuk agak panjang. Sirip ekor berbentuk bulat dan hanya berjumlah satu buah.
          
Jenis ikan Nila yang telah berkembang di masyarakat adalah Nila Hitam dan Nila  Merah. Dalam rangka perbaikan genetik, jenis yang telah berhasil dikembangkan adalah Nila ESIT, Nila JICA, Nila LARASTI, Nila BEST, Nila NIRWANA, Nila JATIMBULAN.

Sumber: Budidaya Ikan Nila. Modul Penyuluhan Pusat Penyuluhan KP

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate