Home » » MANFAAT PADI ( Oryza sativa )

MANFAAT PADI ( Oryza sativa )

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Kamis, 31 Maret 2016 | Kamis, Maret 31, 2016





Air merupakan media hidup utama bagi ikan. Dengan demikian, dalam usaha budidaya ikan, air merupakan faktor kunci keberhasilan. Ketersedian air harus mampu memberikan daya dukung bagi ikan untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Kualitas dan kuantitas air mutlak harus dikelola dengan baik.

Banyak cara dan upaya untuk mempertahankan kualitas air. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah melakukan treatment dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang ada disekitar kita.


Pada padi  yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman tersebut.  Tanaman ini bisa memperbaiki kualitas air karena mudah menumbuhkan pakan alami atau plankton. Cara penggunaannya untuk meningkatkan kualitas air yaitu, jerami diambil sebanyak 5 kg lalu dijemur selama 5 hari sampai kering. Kemudihan  jeremi diikat kecil2 dan dimasukkan dalam pojok-pojok kolam. Setelah seminggu jerami akan membusuk, bila jerami diangkat akan dijumpai sejenis jasad renik yang merupakan pakan alami. Usahakan perendaman jerami jangan terlalu lama sebab air akan berbau masam.




Sumber:
http://www.budilaksono.com/2014/10/perbaiki-kualitas-air-kolam-ikan-dengan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate