Home » » MANFAAT DAUN LAMPESAN ( Scutellaria discolor )

MANFAAT DAUN LAMPESAN ( Scutellaria discolor )

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Rabu, 02 Maret 2016 | Rabu, Maret 02, 2016




Air merupakan media hidup utama bagi ikan. Dengan demikian, dalam usaha budidaya ikan, air merupakan faktor kunci keberhasilan. Ketersedian air harus mampu memberikan daya dukung bagi ikan untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Kualitas dan kuantitas air mutlak harus dikelola dengan baik.

Banyak cara dan upaya untuk mempertahankan kualitas air. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah melakukan treatment dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang ada disekitar kita.


Lampesan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas air pada kolam ikan yakni daun dan batangnya. Daunnya banyak mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan minyak asiri. Dimana bagian yang terpenting untuk meningkatkan kualitas air adalah kulit batang. Caranya potong-potong lampesan ini sebanyak 30 kg untuk kolam 50 m2, lalu jemur selama enam jam hingga layu. Selanjutnya masukkan batangnya di kolam 2-3 hari. Batang akan hancur bagian kayu yang keras. Dengan pemberian lampesan ini kolam akan menjadi kehijau-hijauaan. Itu berarti sudah tumbuh plankton yang dibutuhkan oleh ikan pada masa pendederan.  Selain itu daun lampesan dapat digunakan untuk menurunkan pH tinggi.


Sumber:
http://www.budilaksono.com/2014/10/perbaiki-kualitas-air-kolam-ikan-dengan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate