Home » » Laporan Neraca/Neraca Keuangan (balance sheet)

Laporan Neraca/Neraca Keuangan (balance sheet)

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Minggu, 20 Maret 2016 | Minggu, Maret 20, 2016



Laporan neraca adalah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan sesaat perusahaan, memperkirakan nilainya pada waktu tertentu. Neraca dibentuk dari persamaan dasar akuntansi : aktiva = Kewajiban + Equitas pemilik.
1.   Aktiva: merupakan assets/harta produktif yang dikelola. Perolehan assets tersebut dapat bersumber dari hutang atau pun modal sendiri sebagai aktiva bersih organisasi/entitas. Assets biasanya dibedakan dalam kelompok Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap yang didasarkan pada masa pemanfaatannya atau sifat likuiditasnya.
-       Aktiva lancar (current assets) adalah harta seperti kas dan jenis lain yang dapat diubah menjadi kas dalam waktu satu tahun atau dalam daur usaha normal perusahaan
-       Aktiva tetap (fixed assets) yaitu harta yang diperoleh untuk pemakaian jangka panjang dalam perusahaan.
2.   Kewajiban: memuat pengakuan klaim pihak lain atas jumlah tertentu yang akan dibayarkan pada masa nanti, baik kepada perorangan maupun lembaga lain. Biasanya dibedakan menurut masa pengakuan jangka pendek dan jangka panjang (lebih dari 1 tahun). Dengan kata lain, pada elemen kewajiban ini memuat akun-akun yang menyatakan jumlah kewajiban organisasi untuk membayar kepada pihak lain.
3.   Aktiva Bersih (Modal): Mengandung pengertian yang dengan equitas pemilik, yaitu Hak yang Tersisa atas aktiva /harta /assets organisasi setelah dikurangi sejumlah kewajiban pada pihak lain. Dalam persamaan matematis dapat dinyatakan demikian : Equitas pemilik = Aktiva – Kewajiban)
Pada laporan keuangan organisasi nirlaba, equitas pemilik memakai terminology Aktiva Bersih dengan makna yang sama. Namun lebih dibedakan menjadi Aktiva Bersih Terikat dan Aktiva Bersih Tidak Terikat. Pemisahan ini bertujuan untuk menunjukkan sifat pembatasan hak untuk pemakaian/ pemanfaatan dana aktiva bersih (modal) yang ada.
Untuk memudahkan dalam memahami, berikut ini disajikan contoh laporan neraca.
USAHA PEMASARAN IKAN SEGAR
Periode Laporan : s.d tanggal 28 Februari 2014

Aktiva
Passiva
Kas
Piutang Dagang
Persediaan Bahan Utama
Persediaan Bahan Pendukung
Perlengkapan
Peralatan Usaha
10.000.000
5.000.000
8.000.000
500.000
5.500.000
1.000.000
Hutang




Modal
12.000.000




18.000.000
Total Aktiva
30.000.000
Total Pasiva
30.000.000

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate