Home » » GIZI BUAH MANGROVE

GIZI BUAH MANGROVE

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Kamis, 24 November 2016 | Kamis, November 24, 2016



Hutan mangrove sampai dengan saat ini masih lebih banyak dimanfaatkan sebagai penghasil kayu baik untuk kebutuhan bahan baku chip, memenuhi kebutuhan bahan baku arang, tiang pancang dan sebagainya. Selain itu lahan dari hutan mangrove saat ini telah banyak alih fungsikan baik untuk kebutuhan lahan budidaya (tambak, sawah, dll), perumahan, pelabuhan maupun industri.

Mungkin ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman dari masyarakat maupun pihak pengembang dan pemegang kebijakan tentang fungsi lain dari hutan mangrove. Salah satu fungsi hutan mangove yang masih sangat sedikit sekali diketahui oleh masyarakat umum. 
Beberapa pemanfaatan buah jenis mangrove adalah sebagai bahan baku makanan dan minuman adalah jenis pidada (Sonneratia caseolaris), brayo/api-api (Avicennia sp) dan nipah (Nypa fruticans)
Jenis-jenis tersebut dijumpai disepanjang pantai Kabupaten Bekasi dan daunnya selama ini bisa dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai bahan pakan ternak dan atap rumah (daun nipah).

Kandungan gizi buah mangrove
Buah dari pohon mangrove mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa nilai gizi yang terkandung didalam buah mangrove, misalnya dalam bentuk :
a.       Karbohidrat sebesar 76.56 gram per 100 gram dengan senyawa terpenting adalah monosakarida terutama glukosa, galaktosa dan fruktosa yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan protein sebesar 4.83 gram per 100 gram, merupakan sumber gizi yang lumayan besar dari buah mangrove yang tergolong asing di masyarakat sekitar.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate