Home » » MENGENAL PENYAKIT Cryptocaryon

MENGENAL PENYAKIT Cryptocaryon

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Rabu, 25 Mei 2016 | Rabu, Mei 25, 2016



Cryptocaryon
Penyakit ini sering disebut dengan penyakit bintik putih atau white spot karena ikan yang terserang umumnya terdapat bintik putih pada pemukaan tubuh dan insang. Cryptocaryon irritans adalah ciliata bergerak dengan rambut getar di permukaannya berukuran 0,3 – 0,5 um.

Stadia serangan:  Hatchery, Penggelondongan dan pembesaran terutama dengan kepadatan tinggi.

Tanda klinis : Permukaan tubuh berbintik putih atau pucat. Sisik rontok, perndarahan pada permukaan tubuh, mata menonjol. Ikan terlihat sulit bernafasdan produksi lender meningkat sampai tubuh kehabisan lender/ kesat.

Penularan : Secara horizontal terjadi antar ikan yang sakit dan air. Throphont yang matang meninggalkan ikan dan berenang bebas membesar kemudian menghasilkan kista yang dapat menghasilkan 200 atau lebih calon tomont, Thomont berubah menjadi theront dan memcari inang  baru.

Faktor pemicu : Kepadatan tinggi, suhu air turun, bahan organic dan stress karena penanganan.

Pencegahan : Ikan yang terserang direndam dalam air tawar selama 30 menit dan dilakukan setiap hari selama 2-3 hari atau dengan Cuprisulfat 0,5 ppm selama 5 – 7 hari dengan aerasi kuat, Ikan yang terserang harus dipindahkan ke bak yang bebas parasit selama 2 – 3 kali dengan interval waktu3 hari.


REFERENSI  
https://studyaquaculture.wordpress.com/2013/05/22/manajemen-kesehatan-ikan-bawal-bintang/

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate