Home » » MANFAAT ENCENG GONDOK ( Eichhornia crassipes )

MANFAAT ENCENG GONDOK ( Eichhornia crassipes )

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Jumat, 25 Maret 2016 | Jumat, Maret 25, 2016


Air merupakan media hidup utama bagi ikan. Dengan demikian, dalam usaha budidaya ikan, air merupakan faktor kunci keberhasilan. Ketersedian air harus mampu memberikan daya dukung bagi ikan untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Kualitas dan kuantitas air mutlak harus dikelola dengan baik.

Banyak cara dan upaya untuk mempertahankan kualitas air. Salah satu cara yang mudah dilakukan adalah melakukan treatment dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang ada disekitar kita.



Bagian tanaman ini yang digunakan adalah seluruh tanaman.  Manfaat tanaman ini bagi budidaya ikan yakni menyerap polutan atau racun dalam kolam yang disebabkan oleh penumpukan pakan dan feses didasar kolam yang menghasilkan racun bagi ikan. Cara penggunaan eceng gondok sedikit saja di kolam  maksimal sepertiga bagian kolam. Bila jumlah polupasi eceng gondok sudah terlaulu padat maka segera pindahkan ketempat lain. Eceng gondok biasanya diberikan pada kolam sistem hampa atau kolam terpal terutama pada  masa pendederan ikan. Pada kolam yang diberi tanaman ini akan mengalami penurunan kualitas air yang disebabkan pecemaran pakan.  Tanama ini juga bisa di masukkan dalam kolam lele yang ada dibelakang rumah. Karena akar tanaman ini akan menyerap deterjen dan limbah yang masuk dalam kolam. Selain itu eceng gondok bisa digunakan untuk pemijahan ikan baik ikan air tawar maupun ikan hias. Biasanya akar yang menjuntai ini akan sebagai tempat untuk penempelan telur-telur hasil pemijahan.


Sumber:
http://www.budilaksono.com/2014/10/perbaiki-kualitas-air-kolam-ikan-dengan.html


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate