Home » » CARA MENGGUNAKAN PROBIOTIK

CARA MENGGUNAKAN PROBIOTIK

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Selasa, 15 November 2016 | Selasa, November 15, 2016




Untuk mendonkgrak usaha perikanan, kini marak penggunaan PROBIOTIK. Banyak jenis probiotik dijual di toko-toko perikanan. Aturan dan cara penggunaannya disesuaikan dengan petunjuk yang tertera pada kemasan masing-masing produk. Sehingga pembudidaya ikan lebih gampang dalam menggunakan probiotik.
Secara umum, ada dua cara penggunaan probiotik yang bisa dilakukan pembudidaya ikan yaitu:

1. Dicampurkan ke Air Kolam
Cara aplikasinya ini sangat mudah. Probiotik cukup dituangkan ke dalamair kolam setiap dua minggu sekali. Maksud dan tujuannya adalah agar air selalu sehat, tidak blooming dan penuh dengan plankton sebagai pakan alami atau menyemibangkan ekosistem dalam kolam.
Probiotik selain menambah nutrisi pakan ikan juga bisa digunakan untuk menggemburkan tanah apabila diaplikasikan didasar kolam. Selain penggemburan dasar kolam ini probiotik juga bisa sekaligus memelihara kualitas air ketika kolam diisi air nanti. Terlebih lagi ketika probiotik ini juga diaplikasikan ketika ada air dikolam budidaya. 

2.  Dicampur dengan Pakan
Cara ini mudah, prinsipnya probiotik dicampurkan dengan pakan ikan. Tujuan pencampuran Probiotik dengan pellet adalah untuk mengkondisikan pakan ikan agar mengandung bakteri-bakteri menguntungkan sesuai yang diinginkan. Selain untuk memacu pertumbuhan ikan sendiri sekaligus juga bisa membentengi dari kemungkinan terkena penyakit atau stres.
Selain pada budidaya pembesaran ikan, probiotik juga bisa digunakan pada pembenihan dan pembesaran lele. Dengan pemberian probiotik, pertumbuhan serta daya tahan lele menjadi jauh lebih baik dan tingkat kematiannya rendah.

Nah demikian sekilas tentang penggunaan probiotik. Probiotik ini diibaratkan sebagai benteng pertahanan diri bagi tubuh ikan sehingga sebaiknya diberikan sejak dini. Begitu bibit mau masuk kolam, tiga hari sebelumnya media air kolam harus dikondisikan dengan probiotik lebih dahulu agar kondisi air cepat matang dan tumbuh banyak plankton. Selanjutnya, pemberian probiotik untuk pemeliharaan air cukup dua minggu sekali atau sesuai kebutuhan (ketika kondisi air menurun kualitasnya).
Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat.

Sumber:
www.deptan.go.id
http://www.bibitikan.net

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate