Home » » SORTIR dalam PEMELIHARAAN BENIH IKAN LELE

SORTIR dalam PEMELIHARAAN BENIH IKAN LELE

Written By Informasi Penyuluhan Perikanan on Selasa, 06 Desember 2016 | Selasa, Desember 06, 2016

Dibalik keunggulan ikan lele yang banyak diminati, banyak pula pengusaha pemula yang mengeluh karena masalah ikan lele memiliki sifat kanibal (saling makan). Terutama pada lele ukuran benih.
Tak sedikit kerugian usaha bisnis ikan lele yang disebabkan oleh sifat catfish ini yang kanibal. Lele yang kanibal bisa menimbulkan produksi usaha langsung anjlok. Salah dalam penanganan dan penanggulangan bisa menjadi kesalahan fatal.
Salah satu upaya yang gemar dilakukan masyarakat adalah pemilihan benih berdasarkan ukuran (sortasi). Apa manfaat dari sortir dalam pemeliharaan benih ikan lele?
Dasar alamiah dari ikan lele adalah carnivora atau pemakan daging. Tak salah jika sejak umur benih ikan lele sudah belajar menjadi pemangsa. Hal ini menimbulkan angka mortalitas benih ikan lele meningkat.
Ikan lele ukuran benih cenderung memiliki pertumbuhan yang tidak seragam. Hal ini depengaruhi oleh berbagai faktor seperti kualitas indukan, faktor gen, pemberian pakan yang tidak merata, penyakit, dan lain sebagainya.
Semakin tidak seragam ukuran benih ikan lele akan mendorong semakin meningkatnya peluang proses terjadinya saling memangsa (kanibal). Siapa yang lebih kuat dia akan menjadi predator. Ukuran benih yang lebih besar cenderung akan memangsa benih ukuran yang lebih kecil. Benih ikan yang telah memangsa benih yang kecil dia akan memiliki asupan pakan yang lebih cukup, sehingga pertumbuhannya akan lebih cepat. Benih ikan yang memiliki ukuran lebih kecil tidak akan mampu memangsa yang lebih besar namun akan lebih memiliki ketakutan akan dimangsa. Akibatnya benih ikan yang berukuran lebih kecil akan kesulitan untuk berebut makanan dan ruang gerak, sehingga lama kelamaan akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat. Hal itu yang menyebabkan benih ikan lele menjadi semakin tidak seragam. Benih ukuran lebih besar semakin tumbuh dengan pesat sedangkan benih yang berukuran lebih kecil akan semakin ketinggalan (kuntet).
Dengan melihat kebiasaan alamiah dari ikan lele diatas, kegiatan sortir dilakukan sebagai upaya agar benih ikan dalam satu wadah budidaya memiliki ukuran yang seragam.  Dengan ukuran yang seragam, benih ikan akan memiliki peluang dalam memangsa, berebut makanan, dan juga ruang gerak yang sama. Sehingga cenderung akan memiliki pertumbuhan yang sama.

*****SELAMAT MENCOBA*******

1 komentar:

  1. terimakasih untuk informasinya dan silahkan kunjungi web kami
    http://fauziaherbal.com/obat-herbal-anoreksia-nervosa/

    BalasHapus

Popular Posts

ROSADI. Lahir 05 Agustus 1982

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate